Lumpur Kali Grogol di Kolong Tol Tanjung Duren Dikeruk

By Al


nusakini.com - Jakarta - Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat melakukan pengerukan lumpur di Kali Grogol tepatnya di kolong Tol Tanjung Duren.

Kepala Seksi Pemeliharaan Drainase Sudin SDA Jakarta Barat, Wawan Kurniawan mengatakan, untuk melakukan pengerukan lumpur tersebut pihaknya mengerahkan 90 personel gabungan dari Satpel SDA Grogol Petamburan, Satpel SDA Palmerah dan Sudin SDA Jakarta Barat.

"Pengerjaannya kami mulai Sabtu dan ditargetkan rampung sepekan ke depan. Kami menggunakan peralatan manual untuk melakukan pengerukan," ujar Wawan,

Dikatakan Wawan, program Gerebek Lumpur ini juga merupakan tindak lanjut dari hasil survei yang dilakukan jajarannya beberapa waktu lalu di mana ketinggian lumpur sudah mencapai satu meter.

"Kami berharap dengan pengerukan ini maka daya tampung kali akan lebih optimal sehingga dapat mencegah atau meminimalisir genangan di kawasan sekitar," katanya.

Ditambahkan Wawan, usai merampungkan pengerukan di kolong Tol Tanjung Duren, pihaknya akan melanjutkan pengerukan dari arah selatan ke utara Kali Grogol.

"Ini bagian dari upaya pengendalian banjir, khususnya di kawasan Palmerah. Jadi kami bersihkan semaksimal mungkin agar aliran air menjadi lebih lancar terutama saat musim hujan," tandasnya.